PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN Studi Pada GraPARI Telkomsel Malang Terhadap Produk SimPATI Loop

Main Author: OKFANYAR, RIONALDI IBNU FAJRIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25949/1/jiptummpp-gdl-rionaldiib-37358-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25949/2/jiptummpp-gdl-rionaldiib-37358-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25949/
Daftar Isi:
  • Telkomsel merupakan perusahaan jasa telepon seluler terbesar di Indonesia yang memiliki visi untuk menjadi penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi terpadu berfokus seluler atau wireless yang terkemuka di Indonesia saat ini. Penyusunan strategi pemasaran menyangkut proses interaksi antara kekuatan pemasaranantara kekuatan pemasaran dan keadaan di luar pemasaran. Oleh sebab itu, peneliti tertarik meneliti bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran PT. GraPARI Telkomsel dalam meningkatkan loyalitas konsumen terhadap kartu SimPATI Loop. Dalam penelitian ini menggunakan kategorisasi yaitu segmentasi sasaran, pemilihan penyampaian pesan (komunikator), pengemasan pesan, pemilihan saran penyampaian pesan, evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informasi dan data yang digunakan telah dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penerapan strategi komunikasi pemasaran telkomsel dalam hal ini Supervisor shop service, promotor broadband, dan sales promotionyang menjadi informan dalam penelitian ini. Teknik penentuan informan menggunakan purposif sampling, dimana karakteristik informan ditentukan oleh peneliti. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, untuk segmentasi sasaran dari produk simpati loop PT. GraPARI Telkomsel Malang, ialah kaum anak muda yang sering menggunakan gadget dan dapat di simpulkan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran PT. GraPARI Telkomsel dalam meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk SimPATI Loop adalah menggunakan sarana periklanan serta media elektronik, promosi penjualan (sales promotion) melalui penyebaran brosur pada saat pameran berlangsung, humas yakni pelayanan langsung di GraPari Telkomsel Malang dan pengiriman broadcast sms kepada pengguna produk Telkomsel dan Sponsorship melalui partisipasi pada event-event baik event olahraga, dan pada acara di cafe Ria Jenaka jalan Bandung.