Efektivitas Twitter Sebagai Media Informasi Bagi Mahasiswa (Studi Deskriptif Akun @ikomUMM Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013)

Main Author: Kuesuma W, Shella
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25879/1/jiptummpp-gdl-shellakues-37579-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25879/2/jiptummpp-gdl-shellakues-37579-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25879/
ctrlnum 25879
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/25879/</relation><title>Efektivitas Twitter Sebagai Media Informasi Bagi Mahasiswa (Studi Deskriptif Akun @ikomUMM Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013)</title><creator>Kuesuma W, Shella</creator><subject>HE Transportation and Communications</subject><description>Akun @ikomUMM merupakan akun official dari program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, tujuannya adalah sebagai media informasi yang digunakan untuk menyebarkan informasi kepada para follower-nya (mahasiswa, stakeholder, dosen, dll). @ikomUMM pertama kali dibuat pada pertengahan tahun 2011 , hingga saat ini telah memiliki + 1700 follower , dan telah memposting tweet sebanyak + 4600. Angkatan 2013 merupakan mahasiswa baru yang membutuhkan informasi yang berhubungan dengan jurusan maupun kampus. Oleh karena itu, keberadaan @ikomUMM sebagai media informasi dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas twitter sebagai media informasi bagi mahasiswa. Tujuannya untuk mengetahui efektivitas twitter sebagai media informasi bagi mahasiswa, khususnya pada akun @ikomUMM pada mahasiswa angakatan 2013. &#xD; &#xD; Teori yang digunakan yaitu Dependensi Efek Media Massa, yang memfokuskan pada kondisi struktural suatu masyarakat yang mengatur kecenderungan terjadinya suatu efek media massa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa jurusan Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013 dengan karakteristik tertentu yang sesuai dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini digunakan teknik sampling yaitu propotional random sampling dan ditetapkan sampel dalam penelitian ini sebesar 73 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Setelah melalui proses penelitian, kuesioner tersebut diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Analisa data yang digunakan untuk yaitu menggunakan rumus mean. &#xD; &#xD; Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tingkat efektivitas twitter sebagai media informasi berada pada titik 3,66 yaitu pada kelompok &#xC2;&#x201C;Efektif&#xC2;&#x201D;. Dapat disimpulkan efektivitas twitter sebagai media informasi , yang dalam hal ini adalah adalah efektivitas akun @ikomUMM bagi mahasiswa angkatan 2013 terbukti efektif sebagai media informasi.</description><date>2014-11-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/25879/1/jiptummpp-gdl-shellakues-37579-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/25879/2/jiptummpp-gdl-shellakues-37579-2-bab1.pdf</identifier><identifier> Kuesuma W, Shella (2014) Efektivitas Twitter Sebagai Media Informasi Bagi Mahasiswa (Studi Deskriptif Akun @ikomUMM Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>25879</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kuesuma W, Shella
title Efektivitas Twitter Sebagai Media Informasi Bagi Mahasiswa (Studi Deskriptif Akun @ikomUMM Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013)
publishDate 2014
topic HE Transportation and Communications
url http://eprints.umm.ac.id/25879/1/jiptummpp-gdl-shellakues-37579-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25879/2/jiptummpp-gdl-shellakues-37579-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25879/
contents Akun @ikomUMM merupakan akun official dari program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, tujuannya adalah sebagai media informasi yang digunakan untuk menyebarkan informasi kepada para follower-nya (mahasiswa, stakeholder, dosen, dll). @ikomUMM pertama kali dibuat pada pertengahan tahun 2011 , hingga saat ini telah memiliki + 1700 follower , dan telah memposting tweet sebanyak + 4600. Angkatan 2013 merupakan mahasiswa baru yang membutuhkan informasi yang berhubungan dengan jurusan maupun kampus. Oleh karena itu, keberadaan @ikomUMM sebagai media informasi dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas twitter sebagai media informasi bagi mahasiswa. Tujuannya untuk mengetahui efektivitas twitter sebagai media informasi bagi mahasiswa, khususnya pada akun @ikomUMM pada mahasiswa angakatan 2013. Teori yang digunakan yaitu Dependensi Efek Media Massa, yang memfokuskan pada kondisi struktural suatu masyarakat yang mengatur kecenderungan terjadinya suatu efek media massa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa jurusan Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013 dengan karakteristik tertentu yang sesuai dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini digunakan teknik sampling yaitu propotional random sampling dan ditetapkan sampel dalam penelitian ini sebesar 73 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Setelah melalui proses penelitian, kuesioner tersebut diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Analisa data yang digunakan untuk yaitu menggunakan rumus mean. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tingkat efektivitas twitter sebagai media informasi berada pada titik 3,66 yaitu pada kelompok “Efektif”. Dapat disimpulkan efektivitas twitter sebagai media informasi , yang dalam hal ini adalah adalah efektivitas akun @ikomUMM bagi mahasiswa angkatan 2013 terbukti efektif sebagai media informasi.
id IOS4109.25879
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:45Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:45Z
recordtype dc
_version_ 1675924314332856320
score 17.538404