MODIFIKASI VOLUME SILINDER PADA MOTOR DIESEL CROWN CD 20 BIDANG KONVERSI ENERGI
Main Author: | ROSYID, AKHMAD MURTAFI’ AR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25831/1/jiptummpp-gdl-akhmadmurt-38069-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25831/2/jiptummpp-gdl-akhmadmurt-38069-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/25831/ |
Daftar Isi:
- Dunia otomotif di seluruh dunia saat ini dihadapkan pada masalah tingginya harga dan menipisnya ketersediaan bahan bakar minyak sebagai sumber energi primer kendaraan. Dalam usaha memenuhi pengembangan teknologi otomotif terbaru yang hemat bahan bakar atau teknologi yang menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan., Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Lomba IEMC 2014 “Indonesia Energy Marathon Challenge 2014” Dengan diadakannya lomba IEMC 2014 kami dari LSO MEKATRONIC mewakili Universitas Muhammadiyah malang bermaksud berpartisipasi dalam kompetisi tersebut dengan mengajukan rancangan kendaraan Prototype Diesel berbahan bakar solar. Untuk membuat sebuah kendaraan kendaraan yang irit bahan bakar maka dibutuhkan motor diesel yang berkapasitas kecil. Pada umumnya motor diesel yang dijual bebas di pasaran, mulai dari motor diesel penggerak pompa air, generator, sampai mobil yang begitu kompleks namun motor diesel yang kami butuhkan adalah motor diesel yang bertorsi kecil dan juga irit, agar dapat memenuhi kriteria tersebut maka perlu adanya modifikasi ulang. Modifikasi ini bertujuan memperkecil daya dan torsi motor karena mobil yang kami rancang hanya membutuhkan daya 700 w sedangkan motor diesel yang paling kecil dipasaran memiliki daya 200 w. dalam modifikasi ini piston yang digunakan memiliki diameter 59 mm dan memiliki langkah 54 m maka akan dihasilkan data: volume silinder = 147,5 cc , rasio kompresi = 1:22 , daya =2,47 HP , dan torsi 5,819 NM.