PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 DI SMP NEGERI 1 MALANG
Main Author: | FIQRI, CINDY INDRA AMIRUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25764/1/jiptummpp-gdl-cindyindra-38194-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25764/2/jiptummpp-gdl-cindyindra-38194-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25764/ |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan struktur-struktur yang abstrak. Relasi dan fungsi juga merupakan bagian dari matematika. Pada dasarnya manusia mempunyai sifat dasar lebih cepat mempelajari segala sesuatu secara menyenangkan, sehingga game juga baik jika dilibatkan dalam proses pendidikan. Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran game edukatif pada materi relasi dan fungsi berbasis Adobe Flash Professional CS6 di SMP Negeri 1 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang membutuhkan beberapa langkah-langkah dalam menghasilkan suatu produk. Langkah-langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan produk tertentu dan untuk menguji keefektifan produk yang dimaksud, adalah : 1). Potensi dan Masalah, 2). Pengumpulan Data, 3). Desain Produk, 4). Validasi Desain, 5). Revisi Desain, 6). Ujicoba Produk, 7). Revisi Produk, 8). Ujicoba Pemakaian, 9). Revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket yang divalidasi oleh ahli media dan materi dan lembar wawancara kepada siswa terhadap media pembelajaran game edukatif ini. Hasil dari analisis kevalidan media dari segi aspek rekayasa perangkat lunak mendapatkan nilai rata-rata 3,25 dikategorikan sangat valid. Dan dari aspek komunikasi visual (tampilan) mendapatkan nilai rata-rata 3,43 dikategorikan sangat valid. Sedangkan analisis kevalidan materi dari segi aspek desain pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 3,56 dikategorikan sangat valid. Sedangkan dari aspek komunikasi visual mendapatkan nilai rata-rata 3,90 dikategorikan sangat valid. Hasil analisis validasi produk yang telah dilakukan oleh para ahli media dan ahli materi menyimpulkan bahwa evaluasi media pembelajaran berbentuk game edukatif sangat layak digunakan sebagai evaluasi media pembelajaran. Dari hasil wawancara saat berlangsungnya uji coba juga mendapatkan tanggapan yang postif dari siswa, dengan adanya media ini siswa lebih tertarik belajar matematika serta mempermudah siswa memahami konsep.