ANALISIS PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATEMATIKA TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS X MIA – 2 DI SMA NEGERI 1 MALANG

Main Author: NURLIYA, ENIK EKA
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25763/
Daftar Isi:
  • Karakter adalah suatu nilai – nilai yang mendasar yang terdapat pada diri individu. Pendidikan karakter dalam lingkup pembelajaran di kelas dapat diartikan sebagai upaya merancang dan melaksanakan suatu model pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kemampuan akademik dan nilai karakter. Mata pelajaran matematika pada jenjang pendidikan menengah hanya terdapat beberapa karakter yaitu: teliti, kreatif, pantang menyerah dan rasa ingin tahu (puskur, 2010). Selain nilai karakter yang ada pada mata pelajaran matematika, tidak menutup kemungkinan muncul nilai karakter lain yang berkambang pada proses pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe NHT seperti: (1) toleransi, (2) disiplin, (3) mandiri, (4) tanggung jawab. Nilai karakter tersebut dapat berkembang pada langkah – langkah proses pembelajaran kooperatif NHT. Analisis nilai karakter dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Malang dengan subyek siswa kelas X MIA-2 tahun pelajaran 2014/2015. Dalam pengambilan data menggunakan teknik observasi yang berupa lembar observasi yang digunakan oleh observer dan teknik angket yang berupa lembar angket diisi oleh siswa. Lembar observasi dan angket digunakan pada saat pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Nilai – nilai karakter yang dapat berkembang pada proses pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah: 1.Toleransi, yang terdapat pada kegiatan pembentukan kelompok dan penomoran. 2. Disiplin, 3.mandiri, 4.pantang menyerah, yang terdapat pada kegiatan diskusi masalah. 5. Tanggung jawab, 6. Teliti, yang terdapat pada kegiatan memanggil nomor anggota dan pemberian jawaban. 7. Kreatif, 8. Rasa ingin tahu, yang terdapat pada kegiatan pemberian kesimpulan. Diharapkan dalam pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe NHT tidak hanya mengembangkan 8 nilai karakter saja akan tetapi bisa muncul nilai-nilai karakter yang lain.