PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU
Main Author: | ANAM, HAIRUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25755/1/jiptummpp-gdl-hairulanam-38312-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25755/2/jiptummpp-gdl-hairulanam-38312-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25755/ |
Daftar Isi:
- Peneliti ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika. 2) Mendeskripsikan bagaimana aktivitas siswa pada model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika. 3) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif pada siswa kelas VII B di SMP Muhammadiyah 8 batu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (a) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 8 Batu berlangsung dengan baik sesuai RRP yang dibuah oleh peneliti sebelum penelitian (b) aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika dapat terlaksana dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat pada tabel 4.7 yang menunjukkan bahwa hasil rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran sebesar 3,61. (c) Hasil belajar siswa selama penerapan model pembelajaran problem based leaning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika mencapai ketuntasan mencapai ketuntasan klasikal sebesar 77,78% dengan kategori sangat baik.