RANCANGAN BANGUN CHASSIS LADDER MOBIL LISTRIK TYPE PROTOTYPE
Main Author: | ARIFIN, SYAMSUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25744/2/jiptummpp-gdl-ahmadi0951-37760-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25744/1/jiptummpp-gdl-ahmadi0951-37760-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25744/ |
Daftar Isi:
- Chassis merupakan kerangka utama dari sebuah kendaraan untuk meletakan semua komponen pendukung lainnya seperti motor, pemindah tenaga, serta bodi, sehinga kendaraan itu dapat bergerak atau berfungsi. Chassis merupakan bagian pertama dari kendaraan yang harus diolah sedemikian rupa untuk menentukan pemakaian komponen atau perangkat pendukung stabilitas lainnya. Pada saat terjadi tabrakan struktur chassis-lah yang mengambil porsi terbesar dalam menyerap energi tabrakan atau tumbukan. Untuk membuat sebuah mobil listrik type prototype yang stabil dibutuhkan chassis yang kuat dan kaku sebagai dasar utama dari sebuah kendaraan, akan tetapi chassis itu sendiri harus ringan karena ada pembatasan berat dan dimensi pada kendaraan type prototype yang akan dirancang. Chassis kendaraan harus dirancang cukup lebar dan panjang untuk melindungi badan pengemudi jika terjadi tabrakan. Chassis kendaraan type prototype harus dilengkapi dengan roll bar yang berfungsi untuk melindungi pengemudi jika kendaraan terbalik. Perncangan ini bertujuan untuk mendapatkan chassis yang rigan sehingga power of ratio akan semakin besar maka penggunaan bahan bakar pun bertambah irit, oleh karena itu penggunaan material aluminium hollow dengan ketebalan 1 mm adalah salah satu material yang dapat digunakan dalam pembuatan chassis ini. Dengan pehitungan yang telah dilakukan maka didapatkan dimensi chassis sebagai berikut: panjang 1695 mm, tinggi 500 mm, lebar 350 mm dan berat chassis sendiri sebesar 58,86 N.