PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 11 MALANG
Main Author: | FATCHURROZI, ILHAM MAULID |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25736/1/jiptummpp-gdl-ilhammauli-38316-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25736/2/jiptummpp-gdl-ilhammauli-38316-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25736/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 yang sedang diterapkan saat ini menggunakan dasar pendekatan saintifik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan aktivitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 September 2014 – 27 September 2014 pada subyek penelitian yaitu peserta didik kelas VII G SMPN 11 Malang. Pada hari pertama dan kedua, penelitian ini difokuskan pada aktivitas peserta didik, pada hari ketiga dan keempat difokuskan pada aktifitas guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sehingga data yang dihasilkan berupa info tertulis maupun lisan dari orang yang diamati. Penelitian ini menggunakan metode observasi yang menggunakan lembar observasi dan metode dokumentasi untuk metode pengambilan data selama di lapangan. Lembar observasi yang digunakan berisi indikator-indikator yang akan diamati pada kegiatan pembelajaran. Aspek-aspek pada aktivitas peserta didik, mengamati telah terpenuhi dua indikator. Aspek menanya, hari pertama sudah terpenuhi dua indikator pada hari kedua hanya terpenuhi satu indikator. Aspek menalar sudah sudah terpenuhi dua indikator. Pada aspek mencoba, terdapat satu indikator yang belum tercapai dan pada aspek membuat jejaring sudah sudah terpenuhi dua indikator. Indikator pada aspek-aspek aktivitas guru sudah terpenuhi dua belas indikator dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Satu indikator penggunaan media tidak terpenuhi pada kegiatan inti. Berdasar hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik di SMPN 11 Malang pada kelas VII G aspek mengamati telah mendapat kriteria sangat baik. Aspek menanya pada hari pertama telah mendapat kriteria sangat baik, tetapi hari kedua cukup baik. Aspek menalar mendapat kriteria sangat baik, aspek mencoba mendapat kriteria baik, dan aspek membuat jejaring mendapat kriteria sangat baik. Pada aspek aktivitas guru, kegiatan pendahuluan, inti dan penutup telah mencapai kriteria sangat baik.