GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP AISYIAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG

Main Author: PRAYUDA, SENO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25734/1/jiptummpp-gdl-senoprayud-38319-1-laporan-r.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25734/2/jiptummpp-gdl-senoprayud-38319-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25734/
Daftar Isi:
  • Pelajaran matematika berkaitan dengan konsep – konsep abstrak, sehingga pemahamannya membutuhkan daya nalar yang tinggi dan motivasi yang tinggi. Salah satu cabang dari pelajaran matematika adalah bangun ruang sisi datar. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep unsur-unsur dan jaring-jaring bangun ruang sisi datar. Diperlukan media pembelajaran yang interaktif untuk menarik minat siswa dalam belajar matematika. Siswa SMP cenderung lebih suka bermain Game daripada belajar, maka media pembelajaran interkatif yang dibuat dapat berbentuk Game edukasi. Tujuannya adalah untuk menarik minat siswa dalam belajar dan agar siswa dapat lebih berperan aktif dalam kegiatan belajar serta mendapatkan pengalaman baru dalam belajar sehingga proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R &D). Adapun tahapan dalam proses penelitian ini adalah (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media dan Angket respon siswa. Uji coba produk dilakukan pada 21 siswa kelas XI B di SMP Aisyiah Muhammadiyah 3 Malang. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi diperoleh hasil sebesar 85.25% yang artinya masuk dalam kategori valid. Sedangkan hasil validasi pada ahli media diperoleh hasil sebesar 93.75% yang artinya masuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji coba didapatkan skor rata-rata keseluruhan 3.19 yang artinya masuk dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap Game edukasi matematika berbasis Adobe Flash CS6 ini adalah baik.