Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Penerapan Metode Talking Stick dengan Teknik Probing Prompting di SMA Panjura Malang

Main Author: RIYANTO, NOVIA YOLANDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25727/1/jiptummpp-gdl-noviayolan-38322-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25727/2/jiptummpp-gdl-fathatulqo-38327-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25727/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Tingkat penerapan metode talking stick dengan teknik probing prompting pada pembelajaran matematika, Tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan metode talking stick dengan teknik probing prompting pada pembelajaran matematika, Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan metode talking stick dengan teknik probing prompting pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Panjura Malang yang berjumlah 32 siswa. Data yang diambil adalah hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil tes yang menunjukkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 di SMA Panjura Malang dan peneliti sendiri sebagai guru yang menerapkan metode talking stick dengan teknik probing prompting. Hasil penelitian adalah: Penerapan metode talking stick dengan teknik probing prompting pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Panjura Malang sudah berjalan sesuai dengan sintak sebagai berikut: (1) Guru menyampaikan materi pokok, (2) Pembagian kelompok, (3) Penyajian Permasalahan, (4) Merumuskan Jawaban, (5) Tongkat berputar, (6) Tanya Jawab, (7) Uji pemahaman, (8) Menyimpulkan pembelajaran, (9) Evaluasi. Penerapan metode talking stick dengan teknik probing prompting ini jika dilihat dari aktivitas guru memiliki persentase 87,42% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa memiliki persentase 85,45% dengan kategori sangat baik. Tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan metode talking stick dengan teknik probing prompting mengalami peningkatan dengan persentase kemampuan komunikasi matematika sebesar 76,18% dengan kategori baik. Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran menggunakan metode talking stick dengan teknik probing prompting mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 78,73% dengan kategori baik.