PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ADOBE FLASH DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: QOMARIYAH, FATHATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25726/1/jiptummpp-gdl-fathatulqo-38327-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25726/2/jiptummpp-gdl-fathatulqo-38327-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25726/
Daftar Isi:
  • Proses evaluasi dilakukan untuk upaya peningkatan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang memberdayakan peserta didik sebegai indikator layanan pendidikan yang bermutu, berkeadilan, dan bermantabat. (Renstra Departemen Pendidikan 2010 -2014, 2009).Evaluasi yang dikembangkan dan diberlakukan saat ini kurang memberikan suasana yang kondusif untuk ketercapainya tujuan evaluasi itu sendiri. Dikatakan kurang kondusif karenaketika peserta didik mendapatkan nilai dibawah standar ia akan merasa gagal dalam pelajaran tersebut terlebih lagi peserta didik membenarkan semua cara untuk mendapatkan nilai yang bagus, seperti mencontek dan melihat buku.Menurut Franken (dalam Winarsunu, 2004) tes atau ujian yang dilakukan sehari-hari di sekolah sering dipersepsikan sebagai sesuatu yang mengancam, hal yang membosankan dan monoton. Berkaitan dengan pentingnya proses evaluasi, maka perlu dicari suatu media evaluasi alternatif yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melaksanakan proses evaluasi atau ujian. Kemudahan dalam arti sebagai suatu yang mudah dipahami, dan kenyamanan dalam arti suatu yang tidak mengancam dan menarik baik segi visual maupun segi materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan menggunakan adopsi dari model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), danDisseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa lembar angket yang divalidasi oleh ahli media dan materi dan lembar angket respon siswa. Sedangkan uji coba produk penelitian ini adalah siswa siswi di SMP N I Batu dan MTsN II Malang. Pengembangan evaluasi pembelajaran matematika memberikan inovasi baru berupa media yang digunakan untuk melaksanakan ujian atau ulangan. Media evaluasi tersebut menggunakan software Adobe Flash, dimana dengan software tersebut bisa menampilkan soal-soal ulangan dengan desain dan animasi yang menarik sehingga peserta didik tidak merasa takut dan gugup ketika melaksanakan ujian. Selain itu, dengan munculnya nilai ketika selesai melaksanakan ujian jadi guru tidak harus mengoreksi hasil ujian siswa satu persatu. Hasil analisis angket yang diberikan kepada peserta didik menunjukkan respon siswa terhadap pengembangan evaluasi belajar adalah baik dengan prosentase terbesar pada aspek hasrat ingin berprestasi sebesar 67%.