PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KALKULUS KELAS XII, MATERI TURUNAN DAN INTEGRAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6

Main Author: Boniardi, Noora Alfian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25714/1/jiptummpp-gdl-nooraalfia-38390-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25714/2/jiptummpp-gdl-nooraalfia-38390-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25714/
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran sangat diperlukan adanya variasi mengajar, tujuannya adalah untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Adob eflash menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan untuk menarik minat dan perhatian siswa. Tujuan pengembangan media pembelajaran yaitu untuk mengembangkan desain media pembelajaran yang praktis dan efisien, selain itu pengembangan media bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran siswa menggunakan Adobeflash CS6 pada pembelajaran kalkulus, khususnya materi difernsial dan kalkulus integral. Jenis penelitian yaitu pengembangan media pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 29 September 2014 semester ganjil tahun ajaran 2014-2015 di Laboratorium SMK Putra Bangsa, Pagak Kabupaten Malang, dengan subjek penelitian 16 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi dan siswa. Data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan desain media pembelajaran yang praktis dan efisien telah tercapai. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi: (1) mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan instruksional, (3) merumuskan materi secara terperinci, (4) mengembangakan alat pengukur keberhasilan, (5) menulis naskah media, (6) mengadakan tes / uji coba, (7) revisi program, (8) naskah siap produksi. Pada penelitian ini, data yang diperoleh dianalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan guna menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas baik. Baik guru maupun siswa, dapat langsung menggunakan media pembelajaran ini, karena media pembelajaran ini sudah dikemas dalam bentuk CD, yang dapat dipelajari kapanpun dan dimanapun. Berdasarkan hasil evaluasi dan respon 16 siswa di SMK Putra Bangsa, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang dengan pengisian angket yang disediakan, maka didapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran ini efektif dan siap untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penilaian siswa terhadap media pembelajaran berada diatas rata-rata dari seluruh subyek uji coba, yaitu ≥ 75% dari 16 siswa memenuhi ketuntasan belajar dan telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan oleh pihak sekolah.