PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SETS (Sciense, Environtment, Technology, And Society) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII MTs TMI PUJON

Main Author: MUCHLAS,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25708/1/jiptummpp-gdl-muchlas201-38393-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25708/2/jiptummpp-gdl-muchlas201-38393-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25708/
Daftar Isi:
  • Pada penerapan kurikulum 2013 membutuhkan inovasi, kreativitas dan pemikiran para pendidik untuk dapat memajukan dunia pendidikan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Karena perangkat pembelajaran memberikan kemudahan dan dapat membantu guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu yang sangat penting dilakukan adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis aktivitas siswa sekaligus yang membantu siswa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari mengartikan pendekatan SETS sebagai suatu pendekatan dalam pembelajaran sains yang mengaitkan dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat sekitar. Pendekatan SETS ditujukan untuk membantu peserta didik mengetahui sains, perkembangan dan aplikasi konsep sains dalam kehidupan sehari-hari Pendekatan SETS menekankan pada peserta didik untuk learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together. Siswa aktif dalam pembelajaran dan guru berfungsi sebagai fasilitator. Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D yang di modifikasi menjadi 3-D yaitu: Define, design, and develop. Define yaitu menganalisa informasi dan mengidentifikasi kebutuhan dasar siswa, design adalah proses merancang perangkat pembelajaran yang dalam hal ini adalah RPP dan LKS, sedangkan develop adalah proses mengembangkan perangkat pengembangan perangkat setelah proses perancangan dengan menggunakan validasi oleh 3 validator didapatkan rata-rata penilaian yaitu 4,5 untuk rata-rata skor RPP, dan 4,6 untuk rata-rata LKS, dan total rata-rata sebesar 4,5 yang berarti perangkat pembelajaran sudah mendapatkan kriteria ”sangat valid. Selain itu, Pencapaian ketuntasan belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran matematika melalui pendekatan SETS pada materi bilangan pecahan Kelas VII MTs TMI memperoleh nilai rata-rata diatas KKM 30 siswa.