ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI PLANDAAN JOMBANG
Main Author: | WULANDARI, RENY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25705/1/jiptummpp-gdl-renywuland-38395-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25705/2/jiptummpp-gdl-renywuland-38395-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25705/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif-kualitatif yang menekankan pada studi kasus. Objek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel dan subjeknya adalah siswa kelas X SMAN Plandaan Jombang yang terpilih. Cara pengumpulan data yaitu menggunakan tes soal dan wawancara. Tes dilakukan hanya satu kali yaitu ketika materi luas bangun datar sudah disampaikan kepada siswa dan wawancara dilakukan terhadap 5 orang siswa yang direkomendasikan guru. Berdasarkan analisis data kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Penyebab kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaiakan soal cerita tentang pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Siswa dalam menyelesaikan soal cerita cukup baik, terlihat dari hasil pembahasan siswa terlihat kurang teliti dengan menyelesaikan soal cerita. Adapun juga siswa kurang teliti dengan model matematikanya serta pengoperasian aljabarnya. Siswa terlalu terburu-buru sehingga siswa salah dalam hasil akhirnya. (2) Tipe-tipe kesalahan yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel yaitu tipe 1 Siswa salah dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan, tipe 2 kesalahan siswa dalam membuat model matematika, dan tipe 3 kesalahan siswa dalam melakukan operasi aljabar.