PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMPN 4 BATU

Main Author: WAHYURI, SINTIA EKI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25691/1/jiptummpp-gdl-sintiaekiw-38403-1-pendahul-.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25691/2/jiptummpp-gdl-sintiaekiw-38403-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25691/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dari hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas VIII-E SMPN 4 Batu. Guru menggunakan metode ceramah dan masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa hanya diam, memperhatikan, mendengarkan, mencatat apa yang dijelaskan guru, dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Ketika siswa merasa bosan mereka akan berbicara sendiri dengan teman sebangkunya dan menunggu ditunjuk oleh guru untuk mengungkapkan pendapatnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu diterapkan etode pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan meningkakan prestasi belajar siswa, yaitu dengan menerapkan metode Group Investigation dan Problem Solving. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Group Investigation dan Problem Solving, serta mendeskripsikan aktivitas siswa, persepsi siswa, dan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMPN 4 Batu melalui metode Group Investigation dan Problem Solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan sebanyak empat pertemuan, pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga diterapkan metode Group Investigation dan Problem Solving sedangkan pertemuan keempat dilakukan tes prestasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-E SMPN 4 Batu yang berjumlah 31 siswa, dan instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode Group Investigation dan Problem Solving dalam kriteria sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata keseluruhan dari tiga pertemuan yaitu 87,51%. Dari hasil analisis siswa menunjukkan aktivitas siswa mencapai kriteria baik dengan persentase rata-rata keselruhan dari tiga pertemuan yaitu 73,33%. Sedangkan hasil analisis persepsi siswa didapatkan rata-rata yaitu 74,01, sehingga persepsi siswa tentang penerapan metode Group Investigation dan Problem Solving dikategorikan baik. Prestasi siswa juga dalam kategori baik dengan rata-rata yang didapat yaitu 84,80 dan persentase siswa yang tntas adalah 80,64%.