ANALISIS PEMBERIAN REWARD TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG
Main Author: | SUSANTI, SUSI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25688/1/jiptummpp-gdl-susisusant-38404-1-perlengk-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25688/2/jiptummpp-gdl-susisusant-38404-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25688/ |
Daftar Isi:
- Aktivitas siswa sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar karena belajar akan berhasil jika melalui berbagai macam aktivitas, baik aktivitas jasmani atau fisik maupun aktivitas psikis. Suatu aktivitas belajar itu sendiri sangat erat kaitannya dengan motivasi. Hasil belajar siswa dapat dijadikan indicator keberhasilan mengajar guru dan belajar siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar dengan memberikan alternatif pembelajaran yang lebih baik. Maka, tujuan dari diadakannya penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemberian reward terhadap pembelajaran dalam aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditinjau dari 1) pemberian reward dalam aktivitas belajar siswa dan 2) pemberian reward terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif ini, berlangsung pada tanggal 01 – 10 September 2014 di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 2 Malang. Intrumen yang digunakan adalah tes sebanyak 5 butir soal, observasi, dan wawancara untuk mendukung tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pemberian reward terhadap aktivitas belajar siswa dalam pertemuan pertama 72,77% siswa yang aktif, pertemuan kedua 82,50% siswa yang aktif, dan pertemuan terakhir 82,63% siswa yang aktif. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini siswa yang tuntas KKM sebanyak 77,78% siswa. Guru sebaiknya menggunakan kombinasi bermacam-macam reward agar siswa lebih termotifasi untuk belajar dengan adanya reward. Dengan adanya pemberian reward guru sebaiknya memberikan kesempatan untuk siswa yang kurang aktif.