PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 GENTENG
Main Author: | TANJUNG, M. ANAM |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25663/1/jiptummpp-gdl-afidatullu-37592-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25663/2/jiptummpp-gdl-afidatullu-37592-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25663/ |
Daftar Isi:
- TGT (teams Games Tournament) adalah bentuk pengajaran yang melibatkan seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Penelitian yang dilakukan ini mempunyai tujuan untuk, (1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada pembelajaran matematika kelas VII A pada pokok bahasan PLSV di SMP Muhammadiyah 01 Genteng (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran TGT kelas VII A pada pokok bahasan PLSV di SMP Muhammadiyah 01 Genteng.(3) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran matematika kelas VII A pokok bahasan PLSV di SMP Muhammadiyah 01 Genteng. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana deskriptif kualitatif adalah menggambarkan makna atau data yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 01 Genteng pada tanggal 21 oktober s.d. 02 november 2013. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan (1) penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 01 Genteng yaitu dalam pembelajaran menerapkan lima tahap yaitu, (a) penyajian materi pembelajaran, (b) Pembentukan kelompok heterogen, (c) games tournament, (d) evaluasi, (e) penghargaan kelompok. (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran didapatkan “oral activites” mendapat persentase 54.37 % (kurang). selanjutnya “listening activities” 52.62 % berada dalam kategori kurang. “writing activities” mempunyai persentase 74.89 % (baik). “mental activities” didapatkan 69.07 % (cukup). dan indikator terakhir “emosioanal Activities” didapatkan 84.86% (baik). (3) Hasil belajar matematika banyaknya siswa yang tuntas dalam pembelajaran telah mencapai 76.31%.