PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Main Author: NINGSIH, RUSMIATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25660/1/jiptummpp-gdl-afidatullu-37592-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25660/2/jiptummpp-gdl-afidatullu-37592-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25660/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat beberapa siswa yang tidak suka dengan metode ceramah di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Kondisi tersebut disebabkan karena metode yang digunakan kurang menarik perhatian siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang. Kondisi tersebut menyebabkan Kegiatan pembelajaran di kelas kurang kondusif. Sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran khusunya pada pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika sangat membutuhkan siswa yang aktif dan kreatif agar dapat menyelesaikan soal matematika dengan mudah. Untuk membuat siswa aktif dan kreatif perlu adanya motivasi, maka alternatif mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal ini dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal, sedangkan pertemuan keempat untuk tes hasil belajarnya. Subyek penelitian 31 siswa, instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 21 Mei 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dalam kategori baik dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa, untuk aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori baik dapat dilihat dari rata – rata persentase aktivitas siswa dimulai dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga adalah 74,995 %, untuk hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori baik dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa pada pertemuan keempat adalah 73,33 %. Dengan kata lain model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal ini cocok diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.