PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII-A DI MTs WALI SONGO SUMBERREJO
Main Author: | HAYYUTASAQO, SITO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25652/1/jiptummpp-gdl-sitohayyut-38510-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25652/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa setelah diterapkan model Quantum Teaching dengan metode Mind Mapping pada pembelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan di MTs Wali Songo Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa. Data bersumber dari 33 siswa kelas VII-A dan guru yang mengajar matematika di MTs Wali Songo Sumberrejo. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru saat diterapkan mode Quantum Teaching dan metode Mind Mapping pada pembelajaran matematika mulai dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga masing-masing meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir hampir keseluruhan berjalan dengan baik sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan persentase rata-rata aktivitas peserta didik yaitu sebesar 79,5% dan termasuk dalam kategori baik. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran Quantum Teaching dan metode Mind Mapping sebanyak 27 peserta didik telah mencapai ketuntasan individu dan 5 peserta didik yang belum mencapai ketuntasan. Secara klasikal ketuntasan peserta didik kelas VII-A sebesar 84,38% sehingga dapat dikatakan telah mencapai ketuntasan klasikal.