ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 5 MALANG MELALUI SOAL-SOAL OPEN-ENDED
Main Author: | NINGRUM, IKA NURSTYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25648/1/jiptummpp-gdl-ikanurstya-37596-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25648/2/jiptummpp-gdl-ikanurstya-37596-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25648/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan penalaran merupakan kemampuan melakukan aktivitas sesuai dengan pemikiran yang logis dan sistematis dalam menarik kesimpulan, sedangkan kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan untuk menyampaikan gagagasan pemikiran melalui gambar, diagram, atau benda nyata berdasarkan bahasa, simbol, atau ide matematika baik secara lisan atau tulis. Kedua kemampuan tersebut memiliki hubungan yang erat, karena setiap orang menalar selalu menggunakan ketrampilan bahasa. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kedua kemampuan tersebut adalah dengan soal open-ended. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa melalui soal open-ended. Penelitian yang berlangsung pada tanggal 28-30 April 2014 di kelas 7.7 SMP Negeri 5 Malang ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes sebanyak 3 butir soal open-ended dan wawancara untuk mendukung hasil dari tes tulis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kemampuan penalaran matematis siswa kelas 7 SMP Negeri 5 Malang melalui soal open-ended termasuk dalam kategori sedang (61%) dan 2) tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas 7 SMP Negeri 5 Malang melalui soal open-ended termasuk dalam kategori sedang (59%).