PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS VII SMPN 18 MALANG

Main Author: INDAHSARI, YUYUN MEI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25643/1/jiptummpp-gdl-yuyunmeiin-38512-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25643/2/jiptummpp-gdl-yuyunmeiin-38512-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25643/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas pembelajaran siswa kelas VII tahun 2014/2015 semester genap masih sebesar 85%. Dari fakta ini terlihat bahwa masih ada 15 % siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Meskipun guru sudah menerapkan kurikulum 2013, proses pembelajaran ini masih didominasi oleh guru dan masih minim akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri, serta kemampuan bekerjasama dengan siswa lain masih kurang. Maka dari itu peneliti ingin menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana pembelajaran (RP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang telah dimodifikasi menjadi 3-D (define, design, dan develop). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2014 pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015 di SMP Negeri 18 Malang. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi, dan lembar kuesioner respon siswa. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe NHT menunjukkan bahwa rata-rata validasi masing-masing perangkat yang telah dikembangkan adalah untuk Rencana Pembelajaran (RP) diperoleh persentase sebesar 78,61% dengan kategori baik dan Lembar Kerja Siswa (LKS) diperoleh persentase sebesar 81% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk respon siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT diperoleh persentase rata-rata setiap aspek adalah 100%, 76,77%, 73,49%, 71,22%, 87,88%, dan 78,79% yang secara keseluruhan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah positif.