ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII DI SMP AR ROHMAH PUTRI “BOARDING SHCHOOL” DAU
Main Author: | THOYYIBAH, ZAHROTUN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25640/1/jiptummpp-gdl-zahrotunth-38513-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25640/2/jiptummpp-gdl-zahrotunth-38513-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25640/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Guided Discovery, aktivitas guru dan siswa serta kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Ar Rohmah Putri “Boarding School” Dau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan penalaran matematika siswa. Data bersumber dari siswa VIII B dan guru yang mengajar matematika di SMP Ar Rohmah Putri “Boarding School” Dau, jumlah siswa kelas VIII B berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Guided Discovery pada pembelajaran matematika terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran yang direncanakan. Aktivitas guru sudah berjalan dengan baik, rata-rata persentase aktivitas guru termasuk ke dalam kategori sangat baik. Sedangkan pada aktivitas siswa, aspek yang mendapat persentase paling tinggi dan tergolong sangat baik adalah pada Listening Activities dan Writing Activities. Sedangkan aktivitas siswa yang tergolong rendah adalah pada Oral Activities. Kemampuan penalaran matematika siswa pada indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan gambar, mengajukan dugaan, serta menarik kesimpulan dan menyusun bukti tentang kebenaran solusi mendapat persentasi sangat baik. Sedangkan pada indikator menentukan sifat gejala matematis mendapatkan persentasi paling rendah namun masih tergolong ke dalam kategori baik.