GAME EDUKASI TETRIS MATEMATIKA MENGGUNAKAN MOBILE TECHNOLOGY
Main Author: | MEISARI, NITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25512/1/jiptummpp-gdl-nitameisar-37327-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25512/2/jiptummpp-gdl-nitameisar-37327-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25512/ |
Daftar Isi:
- Edukasi merupakan proses yang dilakukan seseorang dalam menemukan jati dirinya. Proses yang dilakukan yaitu dengan belajar yang melahirkan suatu tindakan dan perilaku. Edukasi dilakukan untuk pendekatan dalam pendidikan yang tentunya lebih dari belajar. Game edukasi matematika yang tujuannya untuk salah satu media pembelajaran. Perhitungan yang ada di dalamnya merupakan satu contoh edukasi yang bisa dipergunakan agar anak tidak hanya bermain tetapi juga dapat sambil belajar. Game yang digunakan merupakan pengembangan dari Tetris karena game ini sudah dikenal oleh berbagai kalangan. Balok yang muncul akan membuat user berpikir lebih keras lagi karena di dalam baloknya ada perhitungan yang harus diselesaikan sebelum ditumpuk secara horizontal. Permainan ini berjalan pada mobile yang ada pada mobile technology Android. Sehingga user dapat memainkan permainan ini pada device yang mereka miliki. Didalam permainan ini juga terdapat petunjuk yang dapat digunakan user untuk memahami tentang permainan ini. Perhitungan yang ada yaitu seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hasil pengujian yang dilakukan sudah berjalan sesuai yang diharapkan. Kesimpulan dari hasil pengujian yang telah dilakukan yaitu permainan ini menarik dari segi tampilannya karena permainan ini didukung oleh warana dan animasi sederhana untuk anak tingkat sekolah dasar.