RANCANG BANGUN GAME PETUALANGAN SI CEMING MENGGUNAKAN HTML5

Main Author: Larasati, Prita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25448/1/jiptummpp-gdl-pritalaras-38593-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25448/2/jiptummpp-gdl-pritalaras-38593-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25448/
Daftar Isi:
  • Pengaruh teknologi dalam permainan anak dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak disajikan dengan baik. Seperti beberapa game yang mengandung kekerasan dan mengandung unsur moral yang rendah tidak memiliki sisi edukasi di dalamnya. Hal tersebut bisa ditiru oleh anak bila tanpa bimbingan orang dewasa. Padahal imajinasi dan kreativitas anak akan berpengaruh terhadap tingkat perkembangan yang lebih tinggi. Game yang baik diharapakan dapat memiliki manfaat dalam mempertinggi kreativitas, intelegensia, pengetahuan struktural, kecekatan tangan, dan penyelesaian masalah abstraksi. Saat ini game sudah bisa dimainkan melalui web browser yang dibangun menggunakan HTML5 karena memiliki kemampuan memfasilitasi produksi grafik, permainan interaktif, aplikasi paint, dan grafis lain dengan cepat serta memasukkan audio di dalamnya tanpa memerlukan ekstensi seperti Adobe Flash. Dari alasan tersebut maka penulis ingin menerapkan HTML5 untuk game yang mengandung unsur edukasi dengan mengasah kreativitas anak dalam mengatasi problem solving dengan “Game Petualangan Si Ceming”. Metodologi yang digunakan meliputi studi pustaka, rancangan konsep game, pembuatan game, dan uji coba hasil game. Game ini dibuat menggunakan game engine Construct 2 yang berbasis HTML5. Game ini berhasil dibuat sesuai dengan yang diharapkan karena dengan memainkan game ini maka anak dapat mengasah kreativitas dalam menghadapi rintangan-rintangan yang ada dan dapat menemukan jalan keluar.