PENGEMBANGAN GAME CONGKLAK BERBASIS ANDROID
Main Author: | Muhyidin, Syaifulloh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25426/1/jiptummpp-gdl-syaifulloh-37634-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25426/2/jiptummpp-gdl-syaifulloh-37634-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25426/ |
Daftar Isi:
- Congklak merupakan permainan berbasis board games yang mengandalkan strategi dan cara perhitungan cepat. Pada papan congklak terdapat 16 buah lubang yang terdiri atas 14 lubang kecil yang saling berhadapan dan 2 lubang besar di kedua sisinya. Prinsip permainan congklak adalah dengan memindahkan sejumlah batu-batu dari salah satu lubang ke dalam lubang lainnya. Proses arah pergerakan ini selalu dilakukan berlawanan arah jarum jam. Pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak. Algoritma minmax menelusuri seluruh kemungkinan solusi tetapi hanya pencarian yang mengarah ke solusi saja yang dipertimbangkan. Pada tulisan tugas akhir ini, aplikasi pengembangan permainan dibangun dengan menggunakan Java melalui pengujian menggunakan sistem black box dan implementasi game congklak diterapkan pada platform berbasis Android.