RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKASI “SPACE RUSH” DENGAN MEMANFAATKAN ACCELEROMETER PADA ANDROID

Main Author: Al Arif, Miftakhur Rohman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25309/1/jiptummpp-gdl-miftakhurr-37107-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25309/2/jiptummpp-gdl-miftakhurr-37107-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25309/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dari pertumbuhan industri mobile game memotivasi pengembang mobile game untuk menciptakan inovasi baru dari permainan mereka. Salah satu inovasi tersebut adalah game edukasi, tapi game edukasi sekarang ini kurang diinginkan karena memiliki gameplay yang cenderung membosankan. Pengembangan game ini mencoba untuk menciptakan sebuah game edukasi mobile menggunakan teknologi mobile baru dalam gameplay-nya sehingga membuatnya lebih menarik. Aplikasi yang dikembangkan adalah game edukasi mobile yang mengajarkan matematika kepada para penggunanya. Pendidikan matematika yang diberikan yaitu dalam bentuk penjumlahan dan pengurangan. Game ini menggunakan tema dan latar belakang cerita untuk membangun gameplay-nya. Teknologi baru yang digunakan dalam game ini adalah accelerometer pada platform Android. Game ini dibangun menggunakan Unity dan C Sharp (C #) sebagai bahasa pemrogramannya. Uji coba dilakukan untuk menemukan kesalahan yang mungkin timbul, kesesuaian antara fitur dan kebutuhan game, mengevaluasi langkah-langkah dalam menjalankan game dan mendapatkan evaluasi dari pengguna. Pengujian fitur game dilakukan dengan menggunakan ponsel Android versi 4.2.2. Sementara pengujian pengguna dilakukan dengan meminta pengguna untuk mencoba permainan dan memberi mereka tes yang kemudian digunakan untuk evaluasi tingkat keberhasilan. Dari percobaan tersebut, penulis mengharapkan Unity dapat digunakan untuk membuat game edukasi mobile pada ponsel Android dan mengakses sensor accelerometer-nya, selain itu penggunaan teknologi mobile terbaru dapat meningkatkan daya tarik permainan.