ANALISIS KESANTUNAN TINDAK TUTUR GURU DALAM PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TK AISYIYAH 26 MALANG

Main Author: NINGSIH, SUPRIYATIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25283/1/jiptummpp-gdl-supriyatin-37873-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25283/2/jiptummpp-gdl-supriyatin-37873-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25283/
Daftar Isi:
  • Tindak tutur (speech act) adalah gejala individu yang bersifat psikologis dan berlangsungnya ditentukan oleh kemampuan bahasa penutur dalam menghadapi situasi tertentu. Hal ini menandakan bahwa kemampuan pemakaian bahasa menghubungkan serta menyerasikan kalimat-kalimat dan konteks secara tepat oleh penutur kepada mitra tutur. Tujuannya agar nilai atau pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh mitra tutur. Selain itu, seharusnya dalam proses komunikasi terdapat nilai pendidikan karakter dengan tujuan agar komunikasi yang berlangsung dapat memberikan asas kebermanfaatan yang lebih. Pada penelitian ini objek kajiannya adalah guru TK Aisyiyah 26 Malang sehingga tindak tutur yang dilisankan oleh guru bermuatan nilai pendidikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dalam proses tindak tutur guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter sangat penting dilakukan di Aisyiyah 26 Malang Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) jenis tindak tutur guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada interaksi belajar mengajar di TK Aisyiyah 26 Malang, (2) fungsi tindak tutur guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada TK Aisyiyah 26 Malang, dan (3) strategi tindak tutur guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada interaksi belajar mengajar di TK Aisyiyah 26 Malang. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode studi lapang yang kemudian dideskripsikan. Sumber data adalah hasil penelitian di TK ABA Malang. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, menganalisis data yang telah diseleksi, dan membuat laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada tindak tutur guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada TK Aisyiyah 26 Malang yaitu, bentuk tindak tutur yang terdapat pada awal pembelajaran yaitu; tutur asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Jenis tindak tutur yang terdapat pada kegiatan awal yaitu tuturan langsung, tidak langsung, dan literal. Strategi tindak tutur yaitu terus terang, bertutur terus terang dengan kesantunan positif, dan ketiga bertutur terus terang dengan kesantunan negatif. Pada kegiatan inti yaitu bentuk tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Jenis tindak tutur yaitu; jenis tuturan langsung, tidak langsung, literal, dan tindak tutur non literal. Strategi tindak tutur yaitu; berterus terang, kedua bertutur terus terang dengan kesantunan positif, ketiga bertutur terus terang kesantunan negatif, dan bertutur samar-samar. Pada kegiatan akhir terdapat bentuk tindak tutur asertif, direktif, dan komisif. Jenis tindak tutur yaitu tuturan langsung, tidak langsung, dan literal. Strategi tindak tutur yaitu bertutur terus terang, bertutur terus terang kesantunan positif, bertutur terus terang kesantunan negatif, dan bertutur samar-samar.