ANALISIS DIKSI HIPERBOLIS DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA MAJALAH WANITA
Main Author: | CHRISTIANA, DESY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25258/1/jiptummpp-gdl-desychrist-36666-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25258/2/jiptummpp-gdl-desychrist-36666-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25258/ |
Daftar Isi:
- Bahasa dalam iklan adalah alat untuk menyampaikan pesan kepada pendengar atau pembaca. Bahasa dalam iklan mengenal beberapa gaya, antara lain gaya pengumuman, gaya yang bersifat hiperbolis, atau gaya semacam semboyan. Penggunaan gaya yang bersifat hiperbolis memerlukan pilihan kata yang tepat. Pemilihan kata yang tepat pada gaya bersifat hiperbolis dapat disebut dengan diksi hiperbolis. Penggunaan diksi hiperbolis pada iklan produk kecantikan bertujuan untuk mempangaruhi atau membujuk konsumen karena banyaknya perempuan yang ingin tampil cantik secara instan ataupun bertahap. Selain itu, diksi hiperbolis juga dapat digunakan untuk mengangkat citra sebuah produk kecantikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna diksi hiperbolis yang digunakan dalam produk kecantikan pada majalah wanita. Penelitian tentang analisis diksi hiperbolis dalam iklan produk kecantikan dalam majalah wanita menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemerolehan data berupa kata-kata agar hasil penelitian sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Sumber data penelitian ini merupakan sumber data tertulis dengan menggunakan kajian teks berupa majalah wanita. Data yang diperoleh meliputi frase, klausa, dan kalimat. Analisis data dilakukan dengan cara pemakaian tabel melalui pengelompokan data, pengkodean data, mendeskripsikan data, dan terakhir menyimpulkan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis data, maka hal-hal yang diperoleh meliputi tiga hal, yaitu pertama, diksi hiperbolis dari segi bentuk ditemukan dalam bentuk frase, klausa, dan kalimat. Kedua, diksi hiperbolis yang ditemukan dari segi fungsi adalah berfungsi persuasif, imperatif, dan naratif. Ketiga, makna diksi hiperbolis meliputi diksi hiperbolis bermakna hasil; diksi hiperbolis bermakna waktu; diksi hiperbolis bermakna kuantitas/jumlah konsumen; diksi hiperbolis bermakna peranan produk; diksi hiperbolis bermakna cara/langkah; diksi hiperbolis bermakna suatu hal yang diyakini; diksi hiperbolis bermakna kuantitas bahan; diksi hiperbolis bermakna saran; dan diksi hiperbolis bermakna kualitas produk.