PENGARUH TERPAAN PESAN IKLAN OUTDOOR TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MAHASISWA PADA CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA MALANG 2013 - 2018 Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2010 yang berasal dari kota Malang
Main Author: | Sari, Tanti Nofia Inda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25211/1/jiptummpp-gdl-tantinofia-36750-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25211/2/jiptummpp-gdl-tantinofia-36750-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25211/ |
Daftar Isi:
- Penelitian didasarkan pada keingintahuan peneliti terhadap ada atau tidaknya pengaruh pesan iklan outdoor calon walikota dan wakil walikota Malang pada kepercayaan mahasiswa. Karena saat ini mempromosikan produk maupun event sudah sangat mudah dan cepat. Dengan adanya berbagai macam media yang bisa di manfaatkan untuk media promosi. Seperti surat kabar, media elektonik maupun media cetak seperti banner, baliho maupun spanduk. Pesan iklan outdoor calon walikota dan wakil walikota Malang 2013-2018 ini dapat dikatakan sebagai marketing politik. Karena dalam sebuah marketing politik sendiri, merupakan sebuah metode dan peralatan politik untuk melakukan pendekatan pada publik, agar masyarakat dapat mengenal calon walikota dan wakil walikota Malang yang akan memimpin daerahnya. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, yang merupakan pendekatan pengumpulan data yang berupa angka. Tipe penelitian yang digunakan yaitu assosiatif yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara 2 variabel atau lebih mencari hubungan antara variabel. Untuk dasar dari penelitian ini yaitu survey dimana penelitian yang dilakukan terhadap populasi namun data yang dipelajari diambil dari sampel dalam rangka membuat generalisasi (kesimpulan yang berlaku umum). Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori efek media, bertujuan untuk mengetahui tentang dampak (efek) pesan media massa terhadap kognisi (kepercayaan seseorang pada suatu hal), afeksi (kemauan yang dipengaruhi faktor eksternal) dan perilaku atau tindakan komunikanya, diwarnai oleh sejumlah asumsi yang berbeda bahkan bertentangan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan dan Ilmu Komunikasi angkatan 2010 yaitu berjumlah 321 mahasiswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diperoleh 57 responden, dimana 57 responden ini didaptkan dari perhitungan besaran sampel Taro Yamane. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata usia responden yaitu 21tahun. Untuk perhitungan uji F diperoleh Fhitung (2,249) > Ftabel (0,379), maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pesan iklan outdoor terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa pada calon walikota dan wakil walikota Malang 2013-2018. Dan hasil dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh 3,90%. Dengan persamaan regresi linier sederhana Y = a+bX, diperoleh hasil Y = 37,306 + 0,168X. Artinya jika pesan iklan outdoor calon walikota dan wakil walikota Malang ditambah 1 maka kepercayaan mahasiswa akan bertambah sebesar 0,168, dan sebaliknya jika pesan iklan outdoor calon walikota dan wakil walikota Malang dikurangi 1 maka kepercayaan mahasiswa juga akan berkurang 0,168. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pesan iklan outdoor terhadap kepercayaan mahasiswa pada calon walikota dan wakil walikota Malang 2013-2018. Akan tetapi walaupun iklan ini tidak berpengaruh sepenuhnya, namun tetap diperlukan dalam rangka menumbuhkan kepercayaan mahasiswa terhadap calon walikota dan wakil walikota Malang