ENGARUH BAHASA PERTAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BERBICARA BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII MTs NURUR RAHMAH SAMBIRAMPAK LOR KOTAANYAR PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2013/201

Main Author: Rahmaniyah, Rasidah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25174/1/jiptummpp-gdl-rasidahrah-35171-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25174/2/jiptummpp-gdl-rasidahrah-35171-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25174/
Daftar Isi:
  • PenelitianinimerupakanpenelitiandeskripsikomparasitentangPengaruhBahasaPertamaterhadapPrestasiBelajarBerbicaraBerbahasa Indonesia SiswaKelas VIII MTs NururRahmahSambirampakLorKotaanyarProbolinggoTahunAjaran 2013/2014.Adapunrumusanmasalah yang ditelitiadalah (1) Apakah penggunaan bahasa pertama berpengaruh terhadap keterampilan menggunakan kata dalam berbicara berbahasa Indonesia siswa kelas VIII MTS Nurur Rahmah Sambirampak Lor Kotaanyar Probolinggo Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Apakah penggunaan bahasa pertama berpengaruh terhadap keterampilan menggunakan kalimat dalam berbicara berbahasa Indonesia siswa kelas VIII MTS Nurur Rahmah Sambirampak Lor Kotaanyar Probolinggo Tahun Ajaran 2013/2014? Metodeyangdigunakandeskriptifkomparatifdenganpendekatankualitatifdankuantitatif.Sumber data siswakelas VIII MtsNururRahmahsambirampakLorKotaanyaProbolinggo, sedangkan data berupabahasa yang digunakansiswakelas VIII dannilaiketerampilanberbicaraberbahasa Indonesia.Teknikpengumpulan data menggunakankoesionerberuparesponsiswadan data nilaiketerampilanberbicaraberbahasa Indonesia. Berdasarkanhasilpembahasansetelahdiuji T-tesyaitu, Rata–rata nilaimenggunakan kata dalamberbicaraberbahasa Indonesia siswa yang menggunakanbahasapertamabahasa Indonesia 70.3125dibulatkanmenjadi 70 denganprestasinilai “kompeten” dan rata-rata nilaisiswa yang mengunakanbahasapertamabahasaMadura 46.8750dibulatkanmenjadi 46 denganprestasinilai “kurangkompeten”. Rat–rata nilaimenggunakankalimatdalamberbicaraberbahasa Indonesia siswa yang menggunakanbahasapertamabahasa Indonesia 65.6250dibulatkan menjadi65 denganprestasinilai “cukupkompeten” dan rata-rata nilaisiswa yang mengunakanbahasapertamabahasaMadura 35.9375dibulatkanmenjadi 36 denganprestasinilai “kurangkompeten”. Bahasapertamabahasa Indonesia danbahasapertamabahasa Madura siswakelas VIII MTs NururRahmahSambirampakLorKotaanyarProbolinggomempunyaipengaruhterhadapprestasibelajarberbicaraberbahasa Indonesia, baikdalamketerampilanmenggunakan kata dalamberbicaraberbahasa Indonesia danmenggunakankalimatdalamberbicaraberbahasa Indonesia. Nilai rata-rata prestasibelajarberbicaraberbahasa Indonesia siswa yang mengunakanbahasapertamabahasa Indonesia lebihtinggidaripadanilai rata-rata siswa yang menggunakanbahasapertamabahasa Madura.