PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH HINDU-BUDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN BLAYU 02

Main Author: ROZI, AHMAD ALFAHRUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25144/1/jiptummpp-gdl-ahmadalfah-38175-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25144/2/jiptummpp-gdl-ahmadalfah-38175-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25144/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V SDN Blayu 02 pada materi peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti guru terlihat lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh metode ceramah yang dilakukan oleh guru, mengakibatkan pembelajaran berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dan peningkatan hasil belajar melalui metode mind mapping pada pelajaran IPS. Metode mind mapping dapat melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam belajar. Siswa belajar tidak hanya menggunakan kemampuan logikanya saja tetapi juga dengan kreativitas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas V SDN Blayu 02 tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 32 siswa. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil analisis, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar dari siklus I siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 70 sejumlah 21 siswa atau 65,62% dan siswa yang belum tuntas memenuhi KKM sejumlah 11 siswa atau 34,38%. Sedangkan hasil belajar siklus II siswa yang tuntas memenuhi KKM sejumlah 27 siswa atau 84,38% dan siswa yang belum tuntas sejumlah 5 siswa atau 15,62%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari ketuntasan pada siklus I sebesar 65,62% meningkat menjadi 84,38% pada siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Blayu 02.