ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FPB DAN KBK KELAS V SDN I KEDUNGLURAH KABUPATEN TRENGGALEK

Main Author: ULUM, AHMAD BAHRUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25138/1/jiptummpp-gdl-ahmadbahru-38181-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25138/2/jiptummpp-gdl-ahmadbahru-38181-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25138/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui langkah penyelesaian masalah matematika peserta didik dan guru dengan pendekatan pemecahan masalah model Polya (2) mengetahui hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan menggunakan pemecahan masalah model Polya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN I Kedunglurah Trenggalek pada materi FPB dan KPK yang berkaitan dengan soal cerita. Pengumpulan data yaitu menggunakan hasil observasi, hasil wawancara dan hasil evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui langkah penyelesaian soal cerita, sehingga melalui hasil pekerjaan peserta didik tersebut dapat diketahui pula hasil belajar peserta didik. Instrument yang digunakan meliputi lembar observasi guru dan siswa, wawancara guru dan siswa dan soal evaluasi yang berjumlah 5 soal cerita uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu melakukan pemecahan masalah model Polya. Hal tersebut terlihat dari hasil lembar jawaban peserta didik pada tes evaluasi individu. Pada tahap memahami masalah dan menyelesaikan/melakukan perencanaan masalah tidak mengalami masalah, namun pada tahap merencanakan masalah dan memeriksa kembali ada beberapa peserta didik yang kurang tepat. Hal tersebut disebabkan karena kurang teliti dalam memahami masalah, selain itu setelah selesai mengerjakan tidak diperiksa kembali proses maupun hasil perhitungannya.