PENINGKATAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI PERMAINAN KARTU DOMINO PERKALIAN DENGAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN MOJOLANGU 2 LOWOKWARU MALANG

Main Author: RISMAWATI, ANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25124/1/jiptummpp-gdl-anirismawa-38242-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25124/2/jiptummpp-gdl-anirismawa-38242-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25124/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada kelas III SDN Mojolangu 2 Lowokwaru Malang, ditemukan fakta bahwa siswa mengalami kesulitan dalam berhitung perkalian. Hal ini disebabkan tidak semua siswa mempunyai daya ingat yang kuat untuk menghafalkan perkalian dan kurang terlibatnya siswa secara aktif dalam proses belajar. Solusi untuk meningkatkan keterampilan operasi hitung perkalian adalah melalui permainan kartu domino dengan metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi permainan kartu domino perkalian dengan metode jarimatika siswa kelas III SDN Mojolangu 2 Lowokwaru Malang, (2) mengetahui peningkatan keterampilan operasi hitung perkalian melalui permainan kartu domino perkalian dengan metode jarimatika pada siswa kelas III SDN Mojolangu 2 Lowokwaru Malang Berdasarkan penelitian tersebut, penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Mojolangu 2 Lowokwaru Malang sebanyak 31 siswa. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes keterampilan operasi hitung perkalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 70 mencapai 14 siswa atau 46,7% dan siswa yang belum tuntas memenuhi KKM ada 16 siswa atau 53,3%. Sedangkan keterampilan operasi hitung perkalian pada siklus II menunjukkan bahwa 24 siswa atau 82,7% yang tuntas memenuhi KKM yang ditentukan, dan 5 siswa atau sebesar 17,3% belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Berdasarkan data tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan operasi hitung perkalian dilihat dari persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 46,7% yang meningkat menjadi 82,7% pada siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa permainan kartu domino perkalian dengan metode jarimatika dapat meningkatkan keterampilan operasi hitung perkalian siswa kelas III SDN Mojolangu 2 Lowokwaru Malang.