ANALISIS PERAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SDN MOJOLANGU 2 MALANG
Main Author: | VITRIYANTO, ARY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25122/1/jiptummpp-gdl-aryvitriya-38243-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25122/2/jiptummpp-gdl-aryvitriya-38243-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25122/ |
Daftar Isi:
- Bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya individu tersebut dapat memahami dirinya sehingga ia sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak wajar sesuai dengan tuntutan sesuai keadaan keluarga dan masyarakat. Kenyataan dilapangan orang tua kurang memperhatikan bimbingan belajar saat anak di rumah, karena orang tua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan model bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Mojolangu 2 Malang, (2) Mendeskripsikan dan melakukan analisis tentang peran bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa di kelas III SDN Mojolangu 2 kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data adalah siswa dan orang tua SDN Mojolangu 2 Kota Malang sebanyak 20 orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Agustus sampai September 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lima orang tua siswa menerapkan model bimbingan demokratis, sembilan orang tua siswa menerapkan model bimbingan permisif, dan enam orang tua siswa menerapkan model bimbingan otoriter (2) peran bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa di SDN Mojolangu 2 Malang belum maksimal ini disebabkan karena orang tua siswa sibuk dengan pekerjaannya.