ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS IVA DI SDN GUNONGSEKAR 1 SAMPANG
Main Author: | ROBEGGI, BONDAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25116/1/jiptummpp-gdl-bondanrobe-38246-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25116/2/jiptummpp-gdl-bondanrobe-38246-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25116/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan masalah bahwa guru SDN Gunongsekar I Sampang dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 kesulitan dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Peneliti mencoba untuk menggali informasi dari Guru kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Gunongsekar I Sampang terkait dengan Rencanaan Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum 2013 di kelas IVA SDN Gunongsekar 1 Sampang serta hambatan dan upaya yang di alami oleh guru kelas IVA berdasarkan kurikulum 2013 di SDN Gunongsekar I Sampang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, digunakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakaan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Analisis data deskriptif kuantitatif didapat dari hasil penilaian RPP atau telaah RPP yang dilakukan guru penelaah dimana akan diperoleh data yaitu hasil rata-rata dari penilaian RPP dalam bentuk angka-angka dan dipaparkan dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian menggunakan hasil analisa data, diperoleh dari guru SDN Gunongsekar 1 Sampang yang dalam membuat RPP kurikulum 2013 tergolong sangat baik. Penjelasan ini didukung dengan hasil penilaian RPP yang dilakukan oleh beberapa penelaah yang menunjukaan penilaianya tergolong sangat baik, selain itu dalam RPP ini sudah mencantumkan komponen RPP yang sudah lengkap. Ada beberapa hambatan guru yang hadapi, diantaranya; (1) dalam perencanaan pembelajaran menyusun silabus dan mencari buku yang sesuai, (2) menentukan penilaian yang cocok untuk dipakai dalam evaluasi penilaian belajar mengajar di dalam kelas bagi siswa, pernyataan ini diperkuat pernyataan guru yaitu guru kesulitan dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam RPP seperti kesulitan mencantumkan 8 aspek yang harus tercakup semua dalam RPP. Pada intinya solusi untuk hambatan yang di alami oleh guru dalam penerapan kurikulum 2013 dan dalam menyusun RPP kurikulum 2013 dengan cara berbagi informasi tentang penerapan kurikulum 2013 bersama guru-guru lain dan mengikuti pelatihan.