UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU DI SDN JATIMULYO 1 KOTA MALANG

Main Author: WIBOWO, DARIS HUDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25114/1/jiptummpp-gdl-darishudaw-38247-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25114/2/jiptummpp-gdl-darishudaw-38247-2-2.babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25114/
Daftar Isi:
  • Peranan kepala sekolah sangat penting karena merupakan motor penggerak bagi sumber daya sekolah terutama guru-guru dan karyawan sekolah. Begitu besarnya kepemimpinan kepala sekolah dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, sehingga dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya kegiatan sekolah sebagian besar ditentukan oleh kualitas kepemimpinan yang dimiliki oleh kepala sekolah. Namun keberhasilan seorang pemimpin melaksanakan tugasnya, tidak ditentukan oleh tingkat keahliannya di bidang konsep dan teknik kepemimpinan semata, melainkan lebih banyak ditentukan oleh kemampuannya dalam memilih dan menggunakan teknik atau gaya kepemimpinannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja Guru, mengetahui faktor penunjang dan penghambat yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja Guru dan mengetahui solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja Guru di SDN Jatimulyo I Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana peneliti mencoba mengarahkan pada realitas tentang upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja Guru di SDN Jatimulyo I Kota Malang sekaligus faktor penunjang dan penghambat serta solusinya. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehni observasi, wawancara dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa ipaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru yaitu dengan mengajak guru untuk ikut serta merumuskan tujuan-tujuan yang harus dicapai. Selain itu kepala sekolah memberikan kesempatan pada guru untuk mengikuti diklat, workshop, KKG dan melakukan supervisi. Faktor penunjang adalah terletak pada SDM guru, kemampuan dan kemauan mengajar dengan baik. Selain itu pendukung prasarana, seperti menyediakan prasarana sesuai kebutuhan pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jumlah siswa sedikit dan orang tua murid yang kurang perduli. Solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja Guru adalah dengan mewajibkan para guru mengikuti MGMP baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten.