PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAHLUK HIDUP DENGAN METODE MIND MAPS SISWA KELAS III SDN BABAN SUMENEP

Main Author: RAHAYU, KARTIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25090/1/jiptummpp-gdl-kartikarah-38262-1-pendahal-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25090/2/jiptummpp-gdl-kartikarah-38262-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25090/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Baban Sumenep. Hal ini pembelajaran berpusat pada guru, yang menyebabkan siswa pasif dan kondisi kelas kurang kondusif. Hal tersebut menjadikan hasil belajar siswa menurun, terlihat dari hasil ulangan harian siswa dari 25 siswa, sebanyak 15 siswa yang nilainya di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 60. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar yang masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Mind Maps dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup siswa kelas III SDN Baban Sumenep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Baban Sumenep yang berjumlah 25 siswa. Pelaksanaan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dimana dari dua siklus tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Pada kegiatan pembelajaran hasil belajar siswa pelajaran IPA mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I 48% dan pada siklus ke II dengan persentase 96%, dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps siswa dapat menjadi aktif dan semangat dalam belajar. Kesimpulannya adalah menggunakan metode Mind Maps dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup kelas III SDN Baban Sumenep.