PENGGUNAAN KARTU HURUF BERWARNA MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SUB TEMA GEMAR BERNYANYI DAN MENARI SISWA KELAS I SDN BANYUBUNIH 1 BANGKALAN
Main Author: | WIBOWO, MOH. ARIF |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25082/1/jiptummpp-gdl-moharifwib-38268-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25082/2/jiptummpp-gdl-moharifwib-38268-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25082/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SDN Banyubunih I Bangkalan. Siswa mengganggap membaca merupakan sesuatu kegiatan yang membosankan, sehingga perlu adanya upaya peningkatan kemampuan membaca melalui pemanfaatan media dan penggunaan metode pembelajaran. Selain itu, dalam pembelajaran membaca guru masih belum menggunakan media dan metode dalam pembelajaran yang menarik dan relevan dalam kegiatan pembelajaran khususnya membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan media kartu huruf berwarna melalui metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca materi Sub Tema Gemar Bernyanyi dan Menari pada siswa kelas 1 SDN Banyubunih 01 Bangkalan, (2) peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan media kartu huruf berwarna melalui metode SAS materi Sub Tema Gemar Bernyanyi dan Menari pada siswa kelas 1 SDN Banyubunih 01 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitalif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas I SDN Banyubunih I Bangkalan, Madura tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2014 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran guru, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari I pertemuan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa : (1) Penggunaan media kartu huruf berwarna memiliki 4 sintak dan penggunaan metode SAS memiliki 7 sintak dalam pembelajaran. Penggabungan kedua aspek ini menghasilkan sintak baru yaitu menggabungkan antara media kartu huruf berwana dalam pembelajaran metode SAS, (2) Penggunaan media kartu huruf berwarna dan metode SAS pada sub tema gemar bernyanyi dan menari pada siswa kelas I SDN Banyubunih I Bangkalan mampu meningkatkan kemampuan membaca. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan membaca yang meliputi aspek kelancaran membaca, ketepatan membaca, dan intonasi membaca siswa pada siklus I sebesar 53,3% dan pada siklus II sebesar 90%. Secara klaisikal hasil belajar siswa meningkat sebesar 36.7% pada siklus I dan siklus II.