PENINGKATAN ARTIKULASI BICARA TUNAGRAHITA MAMPU LATIH MELALUI BINA BICARA DI SEKOLAH INKLUSI SDN JUNREJO 02 BATU (Studi Kasus Di Kelas 6 Di Sekolah Inklusi SDN Junrejo 02 Batu)
Main Author: | UMAYAH, NANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25060/1/jiptummpp-gdl-naniumayah-38645-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25060/2/jiptummpp-gdl-naniumayah-38645-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25060/ |
Daftar Isi:
- Pada kenyataan bahwa anak Tunagrahita Mampu Latih memiliki Artikulasi berbicara yang belum jelas, sehingga perlu adanya upaya peningkatan Artikulasi melalui upaya Bina Bicara. Bina Bicara merupakan upaya yang digunakan untuk seseorang yang mengalami gangguan dalam berbicara. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data, dipilih siswa tunagrahita mampu latih Sekolah inklusi SDN Junrejo 02 Batu. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2014. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan artikulasi bicara tunagrahita mampu latih sehingga dapat menunjang pembelajaran. Hasil penerapan bina bicara dapat diketahui dari lembar catatan lapang yang mencatat pelaksanaan bina bicara. Kemampuan Artikulasi siswa dapat dilihat dari lembar tes siswa, kemudian hasil tes artikulasi di deskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bina bicara secara keseluruhan berjalan dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari lembar catatan lapang yang menunjukkan bahwa anak tunagrahita mampu latih sudah dapat dikondisikan untuk melaksanakan bina bicara. Hasil lembar Deskripsi kemampuan siswa menunjukkan bahwa siswa tunagrahita mampu latih yang mengalami gangguan artikulasi dapat dilatih menggunakan bina bicara dan dapat meningkatkan artikulasinya, hal ini dapat dilihat bahwa anak tunagrahita mampu menyebutkan 10 kata yang disiapkan sesuai kesulitan siswa. Siswa dapat menyebutkan 10 kata tersebut dengan artikulasi yang jelas.