ANALISIS PERBANDINGAN BENTUK TRIKOMA PADA GENUS CITRUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN
Main Author: | Pranata, Rian Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25044/1/jiptummpp-gdl-rianadipra-37746-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25044/2/jiptummpp-gdl-rianadipra-37746-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25044/ |
Daftar Isi:
- Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat memudahkan peserta didik dalam memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dalam proses belajar mengajar. Sumber belajar dapat berupa buku teks, media cetak, media elektronik, dan sebagainya. Media pembelajaran biologi khususnya untuk materi jaringan tumbuhan masih sangat minim, preparat merupakan salah satu media pembelajaran jaringan tumbuhan yang sangat efektif dalam proses pembelajaran biologi pada kelas XI semester gasal. Genus Citrus memiliki banyak sekali spesies dan setiap spesies memiliki ciri anatomi yang berbeda-beda salah satunya yaitu ciri dari trikoma pada masing-masing spesies, sehingga dengan pembuatan preparat dapat diamati bagian-bagian trikoma dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan dan perbandingan bentuk trikoma pada berbagai genus Citrus sebagai sumber belajar dalam perencanaan pembelajaran biologi pada materi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan perbandingan bentuk trikoma. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa setiap spesies anggota genus Citrus memiliki tipe trikoma non-glandular berbentuk jarum sederhana. Namun pada spesies Citrus sinensis terdapat trikoma non-glandular berbentuk jarum berseri satu. Hasil penelitian tentang perbandingan genus Citrus dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi pada materi jaringan tumbuhan.