ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS DALAM BUKU HARIAN SISWA KELAS IV DI SDN MOJOLANGU 2 KOTA MALANG

Main Author: INAYAH, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25043/1/jiptummpp-gdl-nurinayah2-38648-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25043/2/jiptummpp-gdl-nurinayah2-38648-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25043/
Daftar Isi:
  • Keterampilan menulis adalah pemahaman siswa terhadap penggunaan ejaaan dan pemakaian kalimat yang tertuang dalam tulisan. Kenyataan dilapangan masih banyak siswa yang tidak memperhatikan penggunaan ejaan dan pemakaian kalimat pada saat menulis. Buku harian diartikan sebagai fasilitas siswa dalam melakukan kegiatan menulis, yang bertujuan untuk lebih berantusias dalam menulis dan lebih memperhatikan penggunaan ejaan dan pemakaian kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana keterampilan menulis dalam buku harian siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 kota Malang dilihat dari penggunaan ejaan, dan (2) Bagaimana keterampilan menulis dalam buku harian siswa kelas IV SDN Mojolangu 2 kota Malang dilihat dari pemakian kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskrispsikan keterampilan menulis dalam buku harian siswa kelas IV di SDN Mojolangu 2 kota Malang dilihat dari penggunaan ejaan, dan (2) Mendeskripsikan keterampilan menulis dalam buku harian siswa kelas IV di SDN Mojolangu 2 kota Malang dilihat dari pemakaian kalimat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan sedang berlangsung secara mendalam untuk mengetahui fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang dipilih adalah anak kelas IV SDN Mojolangu 2 Kota Malang sebanyak 10 siswa. Penelitian ini dilakukan selama satu minggu pada tanggal 18-23 Agustus 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 3 siswa sudah amat baik dalam penggunaan ejaan, 4 siswa menunjukkan baik dalam penggunaan ejaan, 3 siswa sudah menunjukkan cukup dalam penggunaan ejaan, dan satu anak yang belum memperhatikan penggunaan ejaan (2) 3 siswa sudah amat baik dalam pemakaian kalimat, 5 siswa sudah baik dalam pemakaian kalimat dan 2 siswa sudah cukup dalam pemakaian kalimat. Hasil penelitian ini disarankan untuk dijadikan alternatif dalam mengetahui keterampilan menulis siswa untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang sekarang sering dialami oleh siswa seperti penggunaan ejaan dan pemakaian kalimat guna dapat memberikan hasil keterampilan menulis yang baik dan dapat dikembangkan pada jenjang yang lebih tinggi.