PENGEMBANGAN MEDIA SEGITIGA PINTAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Author: RAHMASARI, PENY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25039/1/jiptummpp-gdl-penyrahmas-38650-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25039/2/jiptummpp-gdl-penyrahmas-38650-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25039/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan media berbasis tematik kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa proses pembelajaran tematik masih kontekstual dengan menggunakan metode ceramah dan kurang didukung adanya media pembelajaran. Media yang digunakan dalam pembelajaran tematik adalah media lingkungan dan media sederhana dari kertas yang dibuat sendiri oleh guru. Guru hanya menggunakan media LCD. Media yang digunakan selama ini masih terpisah antar masing-masing mata pelajaran, dikarenakan guru kesulitan dalam memilih dan mengembangkan media yang dikemas dalam bentuk tematik. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media segitiga pintar dalam pembelajaran tema makananku sehat dan bergizi kelas IV Sekolah Dasar agar tercipta pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Media dikembangkan dengan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli pembelajaran tematik serta diujicobakan pada peserta didik. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media segitiga pintar ini terbagi menjadi beberapa langkah pokok, yaitu studi pendahuluan dengan analisis kebutuhan untuk mengetahui potensi dan masalah yang ada pada proses pembelajaran. Selanjutnya melakukan pengembangan desain, validasi ahli serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Media segitiga pintar merupakan media tematik yang mengintegrasikan mata pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia. Media segitiga pintar membahas materi tentang makanan dengan gizi seimbang, konsep mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal dan persen serta kemampuan bercerita. Hasil uji pengembangan media segitiga pintar dalam pembelajaran tema makananku sehat dan bergizi untuk kelas IV Sekolah Dasar memperoleh hasil yang sangat baik. Hal ini dijelaskan melalui penilaian pada tahap validasi ahli dengan prosentase sebesar 98,1% oleh ahli materi, 88% oleh ahli media pembelajaran, dan 85,45% oleh ahli pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Sedangkan untuk respon peserta didik mendapat prosentase 80% pada uji coba kelompok kecil, dan 91,1% pada uji coba kelompok besar.