PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I DI SDN JATIMULYO 1 MALANG
Main Author: | SARI, RETIA ARIFIANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/25028/1/jiptummpp-gdl-retiaarifi-38655-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/25028/2/jiptummpp-gdl-retiaarifi-38655-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/25028/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 merupakan salah satu wujud upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang bermakna terhadap siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurang maksimalnya pelaksanaan penerapan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Selain itu terdapat kendala yang dihadapi guru saat melaksanakan pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pelaksanaan penerapan pendekatan ilmiah dalam kegiatan pembelajaran tematik kelas I di SDN Jatimulyo 1 Malang, (2) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran tematik kelas I di SDN Jatimulyo 1 Malang, dan (3) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala penerapan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran tematik kelas I di SDN Jatimulyo 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih guru dan siswa kelas 1 SDN Jatimulyo 1 Malang, tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan pada Tahun Ajaran 2014-2015 tepatnya pada tanggal 20 Agustus 2014 sampai dengan 27 Agustus 2014. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penerapan pendekatan ilmiah dilaksanakan kurang maksimal pada pembelajaran tematik kelas I di SDN Jatimulyo 1 Malang karena ada beberapa kendala yang dihadapi guru ketika pembelajaran berlangsung. (2) Guru di SDN Jatimulyo 1 Malang mengalami beberapa kendala dalam menerapkan pendekatan ilmiah dalam pembelajarannya. (3) Guru mempunyai upaya dalam mengatasi kendala yang dirasakan guru dalam menerapkan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran.