IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI SDN PANGGUNGREJO 4 KEPANJEN KABUPATEN MALANG

Main Author: TRIASTUTIK, RISKA WAHYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24985/1/jiptummpp-gdl-riskawahyu-38660-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24985/2/jiptummpp-gdl-riskawahyu-38660-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24985/
Daftar Isi:
  • Pendidikan kecakapan hidup (life skills) merupakan pendidikan yang bertujuan manyiapkan peserta didik untuk menhadapi kehidupan mendatang di masyarakat, dan mencetak peserta didik yag berpotensi dan memiliki keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills) di SDN Panggungrejo 4 Kepanjen kabupaten Malang, (2) mengetahui pada mata pelajaran apa saja pendidikan kecakapan hidup (life skills) lebih dominan dilakukan. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik pemeriksaan. Teknik pemeriksaan yang digunakan yaitu tiangulasi baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills) yang diajarkan di jenjang sekolah dasar yaitu kecakapan general atau kecakapan dasar sekitar diri sendiri dan lingkungan.(2) mata pelajaran yang lebih dominan dilaksanakan yaitu mata pelajaran yang membutuhkan unjuk kerja siswa dalam proses pembelajarannya. Saran dari peneliti yaitu pihak sekolah dapat mengoptimalkan semua aspek dalam pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (life skills) kendala yang muncul diharapkan diselesaikan sesuai kemampuan sekolah masing-masing.