MINAT SISWA KELAS V TERHADAP OLAHRAGA RENANG DI SDN III PANJEREJO KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

Main Author: SAKTI, TRIBAGUS KUNCORO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24974/1/jiptummpp-gdl-tribagusku-38669-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24974/2/jiptummpp-gdl-tribagusku-38669-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24974/
Daftar Isi:
  • Minat sebagai salah satu aspek yang mempunyai peran penting dalam menunjang keberhasilan belajar. Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh faktor-faktor fisikal saja, seperti sarana prasarana, guru yang kompeten dan sebagainya, namun juga ditentukan oleh faktor-faktor psikologis. Faktor-faktor psikologis meliputi bakat, minat, motivasi. Salah satu kegiatan belajar yang ada di SDN III Panjerejo adalah olahraga renang. Tujuan diadakanya penelitian tentang olahraga renang adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa besar minat siswa terhadap olahraga renang kelas V di SDN III Panjerejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan berperan sebagai instrument kunci dalam menangkap makna dan sekaligus sebagai alat pengumpul data. Data yang diperoleh berasal dari penggunaan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan rumus P = F/N x 100 % dalam menganalisis data.Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V di SDN III Panjerejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung terhadap olahraga renang cukup tinggi, dilihat dari antusias siswa dalam mendengarkan penjelasan guru tentang materi olahraga renang, semangat siswa dalam mempelajari olahraga renang. Agar pembelajaran olahraga renang dapat lebih di tingkatkan lagi perlu diperhatikan hal sebagai berikut (1) hendaknya kepala sekolah memberikan kebijakan dengan meningkatkan dan memperbarui sarana dan prasarana dalam pembelajaran olahraga renang (2) hendaknya guru lebih memberikan semangat dan motivasi kepada siswa, sehingga menghasilkan peembelajaran yang ingin tercapai.