IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI LOWOKWARU 2 MALANG
Main Author: | PUSPITANINGSIH, DINI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24945/1/jiptummpp-gdl-dinipuspit-36843-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24945/2/jiptummpp-gdl-dinipuspit-36843-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24945/ |
Daftar Isi:
- Nilai-nilai karakter hendaknya diterapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan karakter di Indonesia. Kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter bangsa yang berkualitas dibentuk dari SDM yang handal dan berkualitas. Karakter yang berkualitas perlu dibina sejak usia dini, yaitu usia kritis bagi pembentukan karakter seseorang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, (1) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam proses pemebelajaran di kelas IV SD Negeri Lowokwaru 2 Malang, (2) Cara guru mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri Lowokwaru 2 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles dan Hubermen. Sumber data yang dipilih siswa kelas IV-A SD Negeri Lowokwaru 2 Malang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan pada Pembelajaran 2 sampai 4, subtema 2 yaitu manfaat makanan sehat dan bergizi, tema 9 yaitu makanan sehat dan bergizi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam proses pembelajaran di kelas IV mencakup 17 nilai karakter, yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, demokratis serta cinta tanah air. (2) strategi guru mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran di kelas IV yaitu melalui 5 cara, pembiasaan, refleksi, keteladanan, pengondisian, serta teguran dan pujian.