ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DI KELAS IV SDN PURWANTORO 2 MALANG
Main Author: | RAHAYU, MARTHANIA DIAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24935/1/jiptummpp-gdl-marthaniad-36858-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24935/2/jiptummpp-gdl-marthaniad-36858-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24935/ |
Daftar Isi:
- Tindak tutur direktif merupakan bagian dari komunikasi yang digunakan guru dalam interaksi kelas. Tindak tutur direktif memiliki fungsi memerintah, meminta, mengizinkan, memberi saran, mengajak. Setiap fungsi dari tindak tutur direktif selalu digunakan oleh guru dalam interaksi belajar mengajar. Dalam konteks pembelajaran guru selalu menggunakan tindak tutur direktif dalam menanamkan nilai karakter pada siswa. Hal ini dilakukan guru untuk menyampaikan pesan pada lawan tutur yaitu siswa. Berdasarkan uraian di atas maka diangkat penelitian yang berjudul Analisis Tindak Tutur Direktif Guru dalam Penanaman Nilai Karakter pada Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif pada guru dalam Penanaman Nilai Karakter pada Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang dan mendeskripsikan makna tindak tutur pada guru dalam Penanaman Nilai Karakter pada Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Digunakannya pendekatan ini didasarkan pada 2 alasan, yakni menganalisis data berupa kata-kata atau tuturan direktif yang mengandung nilai karakter dan data diperoleh dari tuturan guru yang diucapkan guru dalam interaksi pembelajaran. Sumber data dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas IV-A dan IV-B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan yang sering digunakan guru adalah jenis tindak tutur langsung dalam hal ini guru berusaha langsung dalam menyampaikan materi pada siswa tanpa menggunakan perantara agar siswa mudah memahami setiap penjelasan yang dituturkan oleh guru. Adapun makna tuturan direktif yang sering digunakan guru adalah makna tindak tutur direktif requestives pada interaksi belajar mengajar dalam menanamkan nilai karater hal ini dikarenakan guru ingin mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran.