ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FILM “ENSIKLOPEDI ANAK MUSLIM 10” DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DI KELAS II SDN I DANDER KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO
Main Author: | ANGGRIANI, NUNGKY EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/24933/1/jiptummpp-gdl-nungkyekaa-36859-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/24933/2/jiptummpp-gdl-nungkyekaa-36859-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/24933/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran yang menarik mampu memberikan motivasi lebih bagi siswa untuk belajar. Salah satu media pembelajaran yang saat ini berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi adalah multimedia berbasis komputer. Perangkat komputer yang canggih telah mampu menyediakan berbagai program yang memungkinkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa secara lebih jelas dan menarik. Oleh karena itu, guru tidak hanya mampu mengusai ilmu pengetahuan saja melainkan juga harus mengikuti perkembangan teknologi. Untuk melatih kemampuan siswa dalam berbicara salah satu media yang digunakan guru adalah media film. Melalui penggunaan media film dalam pembelajaran berbicara di kelas II SD Negeri I Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro guru diharapkan mampu memaksimalkan kemampuan yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan media film “Ensiklopedi Anak Muslim 10“ dalam pembelajaran berbicara di kelas II SD Negeri I Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran berbicara siswa kelas II dengan penggunaan media film “Ensiklopedi Anak Muslim 10” yang meliputi: (a) keberanian, (b) lafal, (c) struktur, (d) ketepatan terhadap materi, (e) kelancaran dan (f) gaya dalam berbicara. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan berperan sebagai instrumen kunci dalam menangkap makna dan sekaligus sebagai alat pengumpul data. Data yang diperoleh berasal dari penggunaan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan tiga teknik dalam menganalisis data yaitu penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembelajaran melalui penggunaan media film ini secara keseluruhan sudah sangat memuaskan. Berdasarkan hasil penilaian berbicara melalui 5 aspek yakni keberanian, lafal, struktur, ketepatan terhadap topik cerita, kelancaran, dan gaya dalam berbicara dari jumlah keseluruhan siswa yakni 22 siswa menunjukkan angka 86% siswa sudah aktif dalam berbicara selebihnya 14% siswa masih tergolong belum menunjukkan keberanian dan malu-malu. Media film disarankan dapat dijadikan pedoman bagi guru dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta melengkapi fasilitas sekolah sehingga dapat dijadikan sebagai perbaikan pembelajaran.