MOTIF PECINTA SEPAKBOLA DALAM MENGIKUTI AKUN @MIsezMJK (Studi Pada Komunitas Milanisti Indonesia Sezione Mojokerto)

Main Author: Yulianto, Refai
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24932/1/jiptummpp-gdl-refaiyulia-37013-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24932/2/jiptummpp-gdl-refaiyulia-37013-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24932/
Daftar Isi:
  • Menjamurnya komunitas-komunitas pecinta sepakbola di Kota Mojokerto bahkan juga di kota-kota besar di seluruh Indonesia menjadi fenomena sosial yang paling menarik untuk dicermati saat ini. Berkembangnya pecinta sepakbola ini tidak lepas dari semakin berkembangnya juga dunia teknologi dan komunikasi, seperti twitter. Seiring dengan populernya jejaring sosial twitter saat ini, komunitas-komunitas pecinta sepakbola memanfaatkan twitter sebagai media komunikasi untuk mendekatkan dan mengumpulkan para pecinta sepakbola yang memiliki kesamaan dalam mencintai klub tertentu untuk berkomunikasi di dunia maya. Salah satunya adalah akun @MIsezMJK dimana akun ini merupakan akun dari komunitas Milanisti Indonesia Sezione Mojokerto. Sejak diluncurkan November 2011 yang lalu akun ini sudah mempunyai pengikut 2.200 lebih follower. Tentu ada sebuah motif yang mendorong banyaknya follower tersebut dalam mengikuti akun @MIsezMJK. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan untuk membongkar motif apa yang mendasari pecinta sepakbola terutama komunitas Milanisti Indonesia Sezione Mojokerto dalam mengikuti akun @MIsezMJK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification (kegunaan dan kepuasan). Teori ini berasumsi bahwa khalayak mempergunakan media massa dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Dalam teori ini jenis kebutuhan diasumsikan dengan motif. Sehingga jenis-jenis motif merupakan suatu kebutuhan. McQuail menyatakan kategori motif pengkomsusian media meliputi motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial serta motif hiburan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan tipe penelitiannya deskriptif dengan metode survey untuk mengetahui apa motif yang mendasari pecinta sepakbola dalam mengikuti akun @MIsezMJK. Populasi yang diambil dalam penelitian yaitu komunitas Milanisti Indonesia Sezione Mojokerto dengan jumlah sampel 58 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu melalui accidental sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dan dokumentasi dengan menggunakan skala linkert untuk membedakan antara kategori dalam suatu variabel. Dan teknik pengolahan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung mean. Dari hasil penelitian terdapat 4 (empat) motif yang mendasari para pecinta sepakbola dalam mengikutiakun @MIsezMJK yaitu Motif Informasi, identitas pribadi, interaksi dan integrasi sosial serta motif hiburan. Dengan masing-masing nilai rata-rata 18,53 untuk motif informasi, 15,89 untuk motif identitas pribadi, 16,5 untuk motif interaksi dan integrasi sosial serta 14,46 untuk motif hiburan. Dari keempat motif tersebut ternyata motif informasi mendominasi para pecinta sepakbola dalam mengikuti akun @MIsezMJK. Hal ini bisa diketahui dari hasil mean yang menunjukan 18,53 lebih besar dari motif-motif lainnya. Jika dihubungkan dengan teori yang dipakai yaitu teori uses and gratification bahwa pengguna media yaitu pecinta sepakbola terpuaskan dengan memilih akun @MIsezMJK sebagai media pemuas kebutuhannya di media sosial twitter