PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KABIROW KELAS IV SDN MANGUNHARJO 4 KOTA PROBOLINGGO

Main Author: KARUNIA, BAIQ LITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24911/1/jiptummpp-gdl-baiqlitaka-37333-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24911/2/jiptummpp-gdl-baiqlitaka-37333-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24911/
Daftar Isi:
  • Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangunharjo 4 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2012/ 2013 pada mata pelajaran matematika materi bilangan Romawi masih rendah. Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa kurang maksimal. Guru hanya memberikan penjelasan di papan tulis sehingga siswa tidak bisa terlibat langsung. Hal ini menyebabkan aktivitas siswa kurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan kecenderungan tersebut, melalui penerapan model pembelajaran tipe STAD berbantuan media kartu bilangan Romawi pada siswa kelas IV, peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran tipe STAD berbantuan media kartu bilangan Romawi, bagaimana peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran tipe STAD berbantuan media kartu bilangan Romawi dan bagaiman peningkatan hasil belajar siswa pada materi bilangan Romawi melalui penerapan model pembelajaran tipe STAD berbantuan kartu bilangan Romawi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangunharjo 4 Kota Probolinggo tahun ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 25 siswa. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil non tes dan tes. Data hasil non tes merupakan data hasil perolehan pengamatan terhadap penerapan model pembelajaran tipe STAD dan aktivitas belajar siswa. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes evaluasi Penerapan model pembelajaran tipe STAD sudah terlaksana selama pembelajaran siklus I maupun siklus II, dari siklus I ke siklus II dilakukan perbaikan pelaksanakan dengan baik. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 66 % meningkat pada siklus II menjadi 81 %. Nilai rata-rata kelas pada hasil tes evaluasi akhir siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 60% meningkat pada siklus II menjadi 80%.